KEHADIRAN SEORANG AYAH MEMPUNYAI ARTI YANG SANGAT PENTING LOH BAGI ANAK ^_*



Halo, have a nice day :) kali ini entah kenapa ingin sekali memposting tentang ayah, untuk para ayah dan calon ayah yang baik yuk simak baik-baik.


Ayah, papah, abi, babeh atau apapun itu yang kalian sebut ayah adalah orang tua laki-laki bagi seorang anak.  Ayah juga adalah orang tua yang harus kita patuhi setelah ibu. 


Kalian pasti telah mendengar hadis nabi  tentang berbakti kepada keduanya :

Dari Abu hurairah radhiyallahuanhu, beliau berkata “ seseorang datang kepada Rasullullah shalallahu ‘alaihi wassalam dan berkata, “ wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali? Rasulullah menjawab “ibumu!” dan orang tersebut kembali bertanya. “kemudian siapa lagi?’ Rasulullah menjawab “ibumu!”  dan orang tersebut kembali bertanya, kemudian siapa lagi? Rasulullah menjawab “ibumu!”  kemudian siapa lagi ? rasulullah menjawab “kemudian ayahmu” (H.R Bukhori muslim)



Bagi seorang anak kehadiran seorang ayah itu mempunyai arti yang sangat penting. Beberapa  kebutuhan terpenting anak terpenuhi ketika ayah hadir dalam kehidupan mereka. Kita dapat mengetahui dampak yang muncul pada anak bila ayah tidak menjalankan fungsinya.


Pertama, anak merasakan kekosongan dan tidak terarah, karena akan beda rasanya jika ayah yang langsung memberikan inspirasi dan memberikan dorongan untuk mengeksplorasi dunia luar. Pasti akan lebih semangat bila ayah pun ikut memberikan dukungan kepada anaknya.


Kedua, berbagai masalah emosi dapatmuncul bila ayah tidak hadir dalam kehidupan anak.

Hasil penelitian menunjukkan adanya kaitan antara ketidak hadiran ayah dengan kesedihan yang besar pada anak ketika mereka mencapai usia dewasa. 


Ketiga, anak akan kehilangan kepercayaaan diri bila ayah tidak dapat menjadi model di tengah keluarganya. Untuk dapat menjadi teladan, seorang ayah haruslah mempunyai cukup waktu untuk hadir di tengah keluarganya. Dengan cara demikian barulah kehidupan ayah dapat di saksikan secara nyata oleh anak-anaknya.




Anak yang kurang menikmati pelukan, kasih sayang, pujian,nasihat dan didikan ayah mempunyai dampak yang negatif. Karena itu, ayah dituntut berkomitmen untuk mendahulukan keluarga dibandingkan ambisi pribadi dan pelayanannya.  Bila ayah tidak menjalankan seluruh tanggung jawab keayahannya,apakah ada jaminan bahwa anak-anak akan tumbuh sehat tanpa masalah? Jawabannya adalah tidak. Namun kemungkinan anak tumbuh bermasalah diminimalisir oleh ayah yang menjalankan fungsi keayahannya secara memadai.

Yuk kita jalankan peran orang tua yang baik untuk anak-anak kita

:)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mango Sticky Rice, yang lagi happening bisa buat di Rumah lho !

Taaraaaaaaa...... siapaa yang belum pernah nyobain Mango Sticky Rice, makanan pencuci mulut yang berasal dari Thailand ini ternyata mempunya...